Chart Of Account


Saat ini banyak sekali Perusahaan Pengiriman Barang yang terus tumbuh dan berkembang seiring dengan semakin besarnya volume perdagangan antar daerah atau negara (ekspor import).

Perusahaan Pengiriman Barang atau Jasa Pengiriman yang ada sekarang sudah banyak dan mampu untuk menangani berbagai kegiatan seperti Pengiriman Barang barang ke tempat lain, Pengiriman Mobil, Pengiriman Motor, pengiriman kargo biasa, pengiriman barang pindahan mulai dari proses pengepakan, penghitungan barang dan sebagainya, pengiriman dokumen dalam kota (city courier) maupun dokumen antar daerah atau Negara.

Seperti yang pernah saya ulas tentang Chart Of Account disini, bahwa Chart Of Account merupakan salah satu identitas jenis usaha. Untuk itu, maka penyusunan COA nya harus sesuai dengan karakteristik usaha, khususnya pada kelompok Laba Rugi. Dalam menyusun COA, yang harus diperhatikan pertama kali adalah Pendapatan.

Kita harus tahu sumber pendapatan utama dari jenis usaha Jasa Pengiriman Barang untuk menentukan nama Accountnya. Agar tidak membingungkan, usahakan nama pendapatannya sama dengan Nama Accountnya. Biasanya, sumber pendapatan dari usaha ini adalah : Pendapatan Jasa Pengiriman Barang dan Pendapatan Jasa Packing Barang maka, nama Account Pendapatannya adalah :
  1. Pendapatan Jasa Pengiriman Barang 
  2. Pendapatan Jasa Packing Barang
Jika ada pendapatan lain yang sifatnya adalah pendapatan utama, bisa ditambahkan juga sesuai dengan kebutuhan.

Nah, setelah kita mengetahui sumber utama dari pendapatannya, maka langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi harga pokok dari pendapatan ini. Dalam contoh di atas, ada dua sumber pendapatan, maka harga pokoknya harus ada 2, yaitu :
  1. Harga Pokok Jasa Pengiriman Barang
  2. Harga Pokok Jasa Packing Barang

Sub account dari Harga Pokok Pengiriman Barang antara lain adalah :
  1. Gaji/Upah Sopir dan Kurir
  2. Uang Makan Sopir
  3. BBM
  4. Tenaga kerja angkut
  5. Service dan Maintenance Kendaraan
  6. Penyusutan Kendaraan
  7. dan biaya lain yang terkait langsung dengan pengiriman Barang

 Ada beberapa Jasa Pengiriman Barang tidak melakukan pengangkutan sendiri (menggunakan jasa angkutan lain), maka biaya yang dikeluarkan untuk membayar ongkos pengiriman ini menjadi komponen Harga Pokok dengan nama "Ongkos Angkut"  atau apapun yang menurut anda sesuai. 

Sedangkan sub account Harga Pokok Packing Barang antara lain adalah :
  1. Bahan Baku Packing
  2. Bahan Perlengkapan Packing
  3. Tenaga Kerja Packing
  4. Overhead packing lainnya

Sedangkan biaya lain yang tidak terkait langsung, bisa dimasukkan ke kelompok Biaya Administrasi dan Umum.

Untuk rekening Neraca, saya kira hampir sama dengan rekening standar pada umumnya.


Jika anda ingin mengajukan pertanyaan, diskusi, atau kritikan dan Saran silahkan tinggalkan K O M E N T A R.
Jika ingin kontak langsung dengan saya, klik d i s i n i

Bagikan/Simpan/Bookmarks








Related Posts