Chart Of Account

Sebuah Identitas



Prosedur pertama yang harus dilakukan oleh seorang konsultan/auditor dalam menghadapi klien adalah penggalian informasi secara mendalam tentang informasi perusahaan. Informasi yang digali meliputi karakteristik usaha, struktur organisasi, prosedur yang diterapkan, hingga pencatatan informasi keuangan dan Laporan Keuangan. Dengan mengetahui secara detail identitas perusahaan ini, maka akan dengan mudah menentukan metode dan teknis pemeriksaan/konsultasi yang harus dilakukan.

Suatu saat ketika membantu klien dalam implementasi sebuah system komputerisasi akuntansi, aku ditanya oleh seorang EDP (Electronic Data Processing) yang bertugas memastikan perangkat computer dan software dapat berjalan dan bekerja dengan baik dalam mendukung aktivitas perusahaan. Saat itu aku sedang mereview struktur rekening (chart of account) dari perusahaan tersebut. Pertanyaannya adalah " Apa sih pentingnya Chart Of Account ?"

Pertanyaan ini adalah sebuah pertanyaan yang muncul dari rasa ingin tahu sebagai orang yang awam dalam akuntansi. Atau mungkin juga sebagai bentuk reaksi spontan sang EDP untuk menolak adanya perubahaan struktur database yang mungkin akan berubah ketika kami menyatakan harus di ubah.

Sebelum saya membahas Chart Of Account (Struktur rekening) dalam sebuah laporan keuangan, yang harus dibahas terlebih dahulu adalah pengertian account itu sendiri.


Account/akun/rekening dalam pengertian bebas versi saya adalah pengelompokan catatan kegiatan yang sama sehingga dapat menyebabkan perubahan posisi keuangan perusahaan dalam sebuah tabel. Kegiatan yang dapat menyebabkan perubahan posisi keuangan disebut TRANSAKSI. Kata singkatnya Account/akun/rekening adalah Pengelompokan catatan transaksi yang sama dalam sebuah tabel.

Metode pengelompokan catatan harus sesuai dengan kaidah dalam ilmu akuntansi. Pengelompokan ini harus mengacu pada struktur dasar yang membangun sebuah system akuntansi, yaitu PERSAMAAN DASAR Akuntansi.

Struktur dasar yang dimaksud adalah Aset, Hutang, Modal, Pendapatan, dan Biaya. Aset, Hutang dan Modal akan membentuk laporan yang disebut Neraca. Sedangkan Pendapatan dan Biaya akan membentuk laporan yang disebut Laporan Laba Rugi. Kelima komponen utama yang membentuk suatu system akuntansi ini disebut sebagai TYPE/kategori Akun.

Setiap kegiatan usaha memiliki karakteristik usaha yang berbeda dengan jenis usaha lain. Sebuah perusahaan jasa akan berbeda kegiatannya dengan perusahaan dagang atau perusahaan manufaktur. Dari sekian banyak bentuk usaha tersebut, kelima komponen utama yang membentuk system akuntansi adalah sama. Letak perbedaan utama hanya pada pengelompokan turunan dari 5 komponen utama tersebut. Perbedaan ini pula akan mencerminkan perbedaan kegiatan, transaksi, dan tentu saja susunan rekening pencatatannya.

Dari pengertian Account dan karakteristik usaha di atas, maka dapat disimpulkan pengertian Chart Of Account yaitu susunan account yang dibuat sedemikian rupa berdasarkan komponen utama yang membentuk system akuntansi dan dapat mencerminkan karakteristik kegiatan utama perusahaan.

Penyusunan Struktur Rekening (Chart Of Account/COA) harus berdasarkan pada karakteristik usaha perusahaan. Jika penyusunan COA tidak sesuai dengan karakteristik badan usaha, akan menyebabkan kesalahan interpretasi atas Laporan Keuangan. Ketika salah dalam menginterpretasikan Laporan keuangan akan mengakibatan salah dalam mengambil keputusan strategis managemen perusahaan.

Sebagai contoh , sebuah badan usaha Koperasi dalam COA nya akan memiliki Rekening yang bernama Simpanan Pokok Anggota, Simpanan Wajib Anggota, dan Simpanan Sukarela Anggota. Dalam badan usaha lain, rekening tersebut tidak akan ditemui. Dengan melihat COA, seorang akuntan akan mengetahui bentuk badan usaha tanpa harus melihat kop surat atau akte pendirian badan usaha tersebut.

Kesimpulannya, Chart Of Account tidak hanya sekedar pengelompokan rekening, akan tetapi juga mencerminkan identitas sebuah perusahaan.

Ditulis Oleh : Fauzi Ghazali Hari: 23.36 Kategori:

9 komentar:

asHa mengatakan...

Jika perusahaan berjenis gabungan, antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa, misalnya rumah sakit yang menjual jasa serta obat pada pasien, bagaimana struktur chart of account-nya?

Mohon bantuannya....

uziek mengatakan...

@asHa...
Strutktur Chart of Account tidak berubah.. tetap mengikuti bentuk utama, apapun jenis perusahaannya.

Jika Jenis perusahaan seperti yang anda sebutkan, maka struktur utama ada pada Pendapatan dan Harga Pokok.

Pendapatan :
Karena bentuk kegiatan utama ada 2 jenis, maka pendapatan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu :
- Pendapatan Jasa Pelayanan Medis
- Penjualan

Harga Pokok :
Harga pokok juga mengikuti kegiatan utama perusahaan, maka HP dibagi menjadi 2 :
- Harga Pokok Pelayanan Jasa
- Harga Pokok Penjualan

Kedua kelompok di atas bisa dibagi lagi menjadi sub2 kelompok yang lebih kecil sesuai kebutuhan perusahaan.

Hanya ini yang bisa jawab sementara, jika masih ada pertanyaan, silahkan klik "kontak" pada menu untuk menghubungi saya..

Terima kasih

emmy emanyza mengatakan...

kalau perusahaan jasa outsourcing bagaimana chart of accountnya? terimakasih sebelumnya.

melynessa mengatakan...

akhirnya saya mendapatkan penjelasan yg jelas sekali mengenai pengertian COA secara umum. trims

Uziek mengatakan...

@Emmy Emanyza : Mohon maaf, baru buka comentnya... :D

untuk perusahaan Outsourcing, kita harus tahu komponen biaya langsung (harga pokok) sehubungan dengan perolehan pendapatannya.

Jika Jenis outsourcingnya tenaga kerja, maka akun untuk kelompok pendapatan adalah :
- Pendapatan Jasa Outsourcing
Sedangkan kelompok Biaya langsung/harga pokoknya adalah :
- Biaya gaji Pegawai Outsorcing
- Biaya Pelatihan TK
- Biaya Penempatan TK
- Biaya Seragam
- Biaya Perlengkapan TK
- dll..

Berbeda dengan Outsourcing Peralatan / Kendaraan, alias perusahaan yang menyewakan Peralatan/Kendaraan... maka komponen biaya langsungnya adalah :
- Maintenance peralatan/kendaraan
- Penyusutan kendaraan/Kendaraan..
- dll


@melynessa : Thanks ya... senang berbagi pengetahuan bersama teman2 semuanya... keep blogging... :D

Anonim mengatakan...

Akunting adl dunia yg baru bagi saya, kebetulan di tempat kerja, saya disuruh membuat COA untuk pabrik & Head Office...
Tolong di berikan pencerahannya boss...thx

uziek mengatakan...

@Anonim :

Silahkan kontak saya dgn meng klik KONSULTASI pada Menu Bar di atas.
sebelum menyusun COA, hal-hal yang perlu diketahui adalah :

1. Bentuk Usaha, Struktur organisasi, dan Unit-unit/departement di dalamnya.

2. Bidang usaha atau kegiatan utama perusahaan dalam menjalankan usaha untuk memperoleh penghasilan..

Kiranya itu yg bisa saya sampaikan.

Thanks atas komentarnya..

Private Blog mengatakan...

@Nisa

Saya mau bertanya bagaimana chart of account yang tepat untuk sebuah bimbingan belajar yang sebelumnya belum terjamah oleh akuntansi....

-terima kasih-

Kios Kreativitas mengatakan...

@Nisa/Private Blog :

Silahkan kontak saya dgn meng klik KONSULTASI pada Menu Bar di atas.
sebelum menyusun COA, hal-hal yang perlu diketahui adalah :

1. Bentuk Usaha, Struktur organisasi, dan Unit-unit/departement di dalamnya.

2. Bidang usaha atau kegiatan utama perusahaan dalam menjalankan usaha untuk memperoleh penghasilan..

Accounting tidak terbatas pada jenis usaha industri/perdagangan saja.. Lembaga bimbingan belajar termasuk kategori jenis usaha Jasa. Pada postingan lain, saya pernah mengulas tentang Software akuntansi khusus Lembaga Bimbel..

Yang paling utama untuk jenis usaha jasa ada pada pengelompokan Akun Pendapatan dan Biaya. Silahkan kontank saya jika ingin diskusi lebih lanjut..

 

ADS

ADS

Photobucket

ADS