Cara Mudah Memahami Akuntansi


Pada sebuah Group Komunitas Akuntansi di Facebook, ada sebuah pertanyaan dalam forum diskusi yaitu "Bagaimana cara mudah belajar Akuntansi ?"

Jawaban peserta diskusi sangat bervariasi, yang intinya adalah mereka terjebak pada pola pikir bahwa Akuntansi identik dengan Perusahaan, Bisnis, atau Pengelolaan uang yang Banyak. Bahkan, ada seorang peserta diskusi yang berprofesi Guru Akuntansi di sebuah SMK menggunakan media permainan Monopoly untuk sekedar memberikan pemahaman tentang akuntansi.

Satu hal yang terlupa, bahwa akuntansi adalah pengelolaan informasi keuangan, dan Informasi Keuangan tidak harus selalu dibutuhkan oleh perusahaan, bisnis, atau lembaga. Namun, informasi keuangan juga dibutuhkan oleh diri kita sendiri. Jika anda terkadang kebingungan telah mendapatkan uang berapa, dan telah digunakan untuk apa saja, itu artinya anda lemah dalam pengelolaan informasi keuangan pribadi anda.

Itulah sebabnya mengapa seorang Safir Senduk telah berhasil menjadi konsultan keuangan pribadi, atau Robert T. Kiyosaki telah berhasil menjual Jutaan eksemplar bukunya hanya dengan mengulas cara pengelolaan keuangan pribadi.

Menurut saya, bagi seorang pemula yang akan belajar akuntansi (entah siswa/mahasiswa atau siapa saja) bisa dimulai dari diri sendiri, yaitu pengelolaan informasi keuangan pribadi.

Caranya adalah :
  1. Setiap kali terjadi perubahan atas kondisi (posisi) keuangan pribadi kita, kita catat dalam buku khusus. Setiap ada uang masuk, dicatat. Setiap ada uang keluar, dicatat.
    Dengan cara ini kita secara tidak langsung telah belajar konsep pencatatan, transaksi, kas dan buku kas (Cash Basis).
  2. Dalam melakukan pencatatan, jangan terjebak pada format catatan, kolom, atau apapun.. yang penting di catat dan bisa di mengerti oleh diri sendiri.
  3. Secara periodik/berkala, kita jumlahkan semua penerimaan dan pengeluaran, dan cocokkan sisanya dengan kondisi uang di kantong kita. Jika sama, berarti catatan anda telah benar. Jika tidak, Anda sendiri yang tau sebab ketidak cocokan tersebut.
    Disini anda telah belajar konsep kesesuaian (Matching concept) yaitu kesesuaian sisa uang yang ada dengan sisa uang yang tercatat.
  4. Selanjutnya adalah anda baca catatan anda.. kemudian kelompokkan transaksi yang sama dalam catatan baru. Misalnya pembelian Bensin... cari semua transaksi pembelian bensin dalam periode tersebut.. catat di lembar lain dalam buku catatan anda, kemudian jumlahkan.. maka anda akan tahu berapa Jumlah pengeluaran Bensin anda selama periode tersebut. Lakukan untuk transaksi lain yang sama.
    Disini anda telah belajar konsep penggolongan.
  5. Setelah semua transaksi dikelompokkan, coba anda cocokkan dengan jumlah total penerimaan dan pengeluarannya.. Kalo sudah cocok.. berarti anda telah berhasil belajar konsep dasar Akuntansi.
  6. Lakukan hal yang sama untuk periode berikutnya, kemudian bandingkan hasilnya dengan periode sebelumnya.. Anda akan tahu tingkat penghematan atau pemborosan yang telah anda lakukan sendiri.
    Disini anda telah belajar cara evaluasi dan penilaian kinerja keuangan anda sendiri

Cara ini menurut saya cara yang mudah dan sederhana untuk memulai belajar akuntansi. Cara belajar dengan mempraktekkannya langsung (learning by doing) akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara mempresentasikan, membayangkan, menganalogikan, apalagi hanya ceramah teori.

Jika anda berhasil mempraktekkannya, saya rasa anda tidak perlu berkonsultasi dengan Safir Senduk..

Itulah cara saya dalam memahami akuntansi. Mungkin kelihatan sederhana, namun sangat sulit dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan oleh Seorang Akuntan sekalipun. Gak percaya? Coba aja survei... berapa akuntan profesional yang jago membuat laporan keuangan perusahaan, namun tidak bisa membuat laporan keuangan pribadi...

Bagikan/Simpan/Bookmarks

Dengan memasukkan email Anda, berarti setuju untuk selalu mengupdate artikel terbaru dari uziek. Masukkan Alamat Email Anda : Dikirim oleh: Mbah Google

Ditulis Oleh : Fauzi Ghazali Hari: 08.00 Kategori:

15 komentar:

FaLLa mengatakan...

hiksss teteplah buat saya akuntansi itu susahhh

Fauzi Ghazali mengatakan...

Membangun sebuah gedung bertingkat setinggi gunung jauh lebih mudah daripada merubah sebuah persepsi..

Anonim mengatakan...

setuju,,,jgn menyerah kta demassiv!!!btw
sya mau tanya kang?
klu untuk mencatat smu transaksi
pakek program apa yg baik dan simple bgi pemula?
selain kertas n bolpoin

Uziek mengatakan...

Coba baca ulasan saya tentang software akuntansi di blog ini http://uziek.blogspot.com/search/label/Software.
Mungkin yang paling mudah adalah menggunakan MS. Excel...

fathul_umam mengatakan...

OKE,cara yang sederhana namun juga sulit dipraktikkan secara berkesinambungan. Kendalanya mungkin kekurangan waktu kita karena kesibukan yang kita hadapi. Tapi whatever, tips ini bisa damalkan untuk pengendalian internal keuangan (setidaknya pribadi).

Uziek mengatakan...

@Fathul Umam : kalau bicara tentang waktu dan kekurangan waktu, pertanyaannya "siapa yang punya waktu? bukankah setiap manusia diberi waktu yang sama setiap harinya.. yaitu 24 jam?"

Kalau kita bisa bekerja untuk perusahaan/orang lain yang memberi gaji kepada kita, mengapa kita tidak bisa bekerja untuk diri kita sendiri?

Saya yakin, untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran pribadi kita dalam sehari tidak akan menghabiskan waktu lebih dari 15 menit.

Anonim mengatakan...

aduh lama... aq teh pusing euy bljr aq akutansi.... ada yang lebih gampang lagi ga , biar cepet paham ............??????????

Anonim mengatakan...

Tulisannya bagus, boleh tidak saya publikasikan Cara mudsah memahami akuntansi ini dalam blog saya
Thank

Uziek mengatakan...

Silahkan kalo mau diterbitkan di blog saudara.....

nio mengatakan...

betul sekali, tpi akuntansi pada matakuliah begitu banyak dan rumit,,apalagi jika sudah berhubungan dengan obliasi dan investasi.waahhh

Uziek mengatakan...

@Nio :

Kembalikan ke logika dasar aja.. A = H + M

Anonim mengatakan...

untuk kami yang tidak paham akuntansi teori diatas cukup melegakan. Kami cuma mau tertib di pencatatan dengan cara yang kami bisa, selebihnya learning by doing aja deh, karna belum mampu sewa tenaga ahli ...
Keep sharing ya...
thanks

Blog.Seneng Akuntansi mengatakan...

Bagus....bagus....cara memahami akuntansi yang disampaikan oleh Uziek, mudah2an bisa memotivasi siswa yang baru mempelajari akuntansi, atau orang lain yang ingin belajar akuntansi.....

Uziek mengatakan...

@Blog.Seneng Akuntansi : Thanks...! selamat berkunjung kembali..!

Violetloverz mengatakan...

cukup sderhna dalam memaparkan akuntansi, ini sangat memotivasi dirikuu untuk tetap beljar tentang akuntansi

 

ADS

ADS

Photobucket

ADS