Kehadiran Android telah banyak mengubah pola manusia dalam memanfaatkan teknologi. Kemudahan-kemudahan aplikasi, setting, dan modifikasi Handheld (HH) ada dalam genggaman. Ribuan aplikasi dapat di download gratis di Google Play. Termasuk aplikasi akuntansi tentunya.

Dari hasil browsing, saya menemukan 2 aplikasi akuntansi gratis yang bisa anda download di Google Play. Aplikasi tersebut adalah Trade Accounting dan Financial Accounting :

1. Trade Accounting

Sesuai namanya, Aplikasi ini sangat cocok untuk Akuntansi Usaha Dagang, yaitu usaha membeli barang untuk kemudian di jual lagi. Modul-modul yang terdapat dalam aplikasi ini sudah sangat memenuhi kebutuhan untuk transaksi perdagangan. Ada modul Pembelian (Purchases), Modul Penjualan (Sales), Persediaan (Inventory), Kas Masuk (Pay In), Kas Keluar (Pay Out), dan Laporan (Report).

Kesemua modul tersebut lengkap sesuai dengan urut-urutan yang lazim (SOP) dalam akuntansi. Modul pembelian misalnya, di dalamnya terdapat sub modul Purchase Order dan Purchase Invoice. Pembayaran Hutang per suplier dan Penerimaan Piutang Per Customer juga telah di dukung aplikasi ini. Untuk Report juga cukup lengkap mengingat aplikasi ini dibuat untuk sebuah Handheld atau tablet.

Ada sedikit perbedaan istilah yang mungkin membuat anda sedikit bingung, tetapi saya kira tidak mengubah substansi yang dimaksud. Kendala lainnya, untuk mencetak invoice anda harus memiliki printer yang mendukung fasilitas bluetooth.

Overall, untuk sebuah aplikasi akuntansi dalam genggaman, Trade Accounting cukup memenuhi kebutuhan akuntansi dasar sehingga anda tetap bisa memantau jalannya usaha dalam genggaman anda.

Jika anda tertarik, anda bisa mendownloadnya di sini DOWNLOAD

2. Financial Accounting

Berbeda dengan Trade Accounting, Aplikasi ini  lebih mengutamakan Jurnal Umum. Ada empat modul dalam aplikasi ini ; Company- Master - Transaction - Report. Modul Company untuk mengisi identitas usaha anda. Sementara Modul Master untuk memodifikasi Akun dan Persediaan. Modul Transaction berfungsi untuk menginput jurnal transaksi. Sedangkan Modul Report untuk menampilkan Laporan Keuangan (Neraca, LR, dan Ekuitas).

Dari sisi tampilan report, anda pasti teringat masa-masa aplikasi akuntansi yang bekerja dalam system operasi DOS. Cukup sederhana namun informatif.

Jika anda tertarik dengan aplikasi ini, silahkan download disini : DOWNLOAD



Bagi anda yang tidak memiliki HH android, anda bisa mencobanya di komputer anda menggunakan Android Emulator seperti yang pernah saya ulas DISINI dan DISINI


Jika anda ingin mengajukan pertanyaan, diskusi, atau kritikan dan Saran silahkan klik d i s i n i

Bagikan/Simpan/Bookmarks

Related Posts