Pertanyaan :

Boleh gak sih kalo transaksi penjualan diinput sekaligus (total selama 1 bln) dan bukan diinput satu-satu setiap hari? demikian pula dengan biaya2 lainnya?

Jawaban :

Kalo kita menganut prinsip pencatatan... boleh-boleh saja..yg penting dicatat.. jika informasi yg dibutuhkan hanya total penjualan saja.

  1. Tapi jika model pencatatan anda seperti itu, bagaimana jika terjadi retur/pengembalian penjualan di tengah bulan..? sementara anda belum mencatat penjualannya? 
  2.  Atau bagaimana jika tidak semua penjualan dilakukan secara tunai? 
  3.  bagaimana model catatan anda untuk membedakan penjualan tunai dan non tunai..? 
  4.  bagaimana jika dalam sehari lebih dari 1000 transaksi terjadi..? 
  5.  jika anda mencatatnya sebulan sekali, berarti ada 30.000 transaksi yg harus anda catat.. jika anda bisa ... akuntansi tidak melarangnya..

Akuntansi tidak hanya sekedar pencatatan.. akuntansi adalah proses.. proses untuk menghasilkan laporan keuangan.. proses untuk menganalisa keuangan. .. proses untuk memanage keuangan.. dan proses untuk mengambil keputusan..

 Ketika terjadi penjualan (saya mengambil contoh penjualan; karena pertanyaan anda penjualan), yang terjadi adalah uang kita bertambah(jika tunai).. barang dagangan kita berkurang... di sisi lain.. laba kita bertambah.. karena harga jual  lebih besar dari harga beli barang. 

Jika kita mencatat transaksi penjualan tersebut pada saat terjadinya transaksi.. maka kita akan tahu berapa uang kita saat ini... berapa stok kita saat ini... berapa piutang kita saat ini.. berapa laba kita saat ini.. 

Dari sisi manajemen.. kita bisa menganalisa, stok saat ini sekian.. rata2 penjualan sekian.. barang yg paling laku barang A.. jika stok saat ini sekian.. kira2 sampai bulan depan cukup atau tidak untuk memenuhi permintaan konsumen? jika tidak.. berapa lama waktu yang diperlukan untuk memesan kembali barang A tsb.. dan bla...bla... bla... seterusnya..

Satu lagi, jika anda mencatatnya sebulan sekali... informasi yang anda hasilkan bisa dikatakan informasi yang BASI.. 

Pemenang di abad 21 adalah yang mempunyai Informasi" begitu kata John Naisbit dalam bukunya MegaTrend 2000


Dari sebuah forum diskusi di IAFI

Related Posts