Satu lagi software Akuntansi karya anak Negeri ini..



Software akuntansi General Ledger (GL) adalah buatan Kantor Akuntan Publik Djamrud Abdullah. Dilengkapi dengan built-in fungsi AR dan AP aging schedule, berbahasa Indonesia, dengan pemrograman ter-struktur.

Programmer ERP anda pun dapat memakai software ini untuk di integrasikan dengan modul-modul yang sudah ada (Open Connectivity), sehingga software akuntansi ini dapat mengikuti perkembangan dinamika kemajuan perusahaan anda.

FEATURE UTAMA

° Transaksi dalam mata uang lokal dan asing (multi currency).

  1. Anda dapat membuat kurs apa saja
  2. Kurs dapat dimasukkan nilainya setiap hari
  3. Tersedapat fungsi otomatisasi hitung laba / rugi atas selisih kurs dengan mata uang utama anda, sehingga menghemat waktu kerja anda untuk tutup periode.
  • Dua pilihan kurs: Pajak dan Tengah BI.
  • Otomatis perhitungan Saldo Awal, Saldo Akhir dan Revaluasi

  1. Terdapat fungsi otomatisasi Beginning Balance, yang merupakan hasil bawaan dari saldo akhir yang sudah anda tutup periodenya.
  2. Terdapat fungsi otomatisasi Closing / Ending Balance, dan dengan memindahkan laba rugi berjalan ke pos saldo laba atau laba ditahan.
  3. Fungsi otomatisasi laba / rugi selisih kurs disaat proses tutup periode, sehingga sangat menghemat waktu dan mengurangi resiko kesalahan perhitungan.


  • Cost/Profit Center untuk anak perusahaan, cabang, divisi, proyek, dll.

  1. Terdapat fungsi Cost dan Profit Center, anda dapat menggolongkan biaya dan pendapatan per anak perusahaan, per cabang, divisi, proyek dan lain-lain.
  2. Cost dan Profit Center dapat bersifat grup, artinya jika di dalam Cost dan Profit Center anak perusahaan terdapat cabang atau divisi, maka penggolongan biaya dan pendapatan anak perusahaan dapat digolongkan per cabang atau divisi tersebut. Level Cost dan Profit Center adalah tidak terbatas.
  3. Cost dan Profit Center proses langsung pada saat pencatatan transaksi / penjurnalan, ketika anda akan menjurnal biaya atau pendapatan, maka ada pilihan pada Cost dan Profit Center mana biaya atau pendapatan tersebut terjadi.
  4. Laporan Laba / Rugi anda dapat menampilkan konsolidasi, atau per Cost dan Profit Center, misalkan anda akan menampilkan Laporan Laba / Rugi untuk anak perusahaan untuk suatu periode, maka anda dapat memilih Cost dan Profit Center mana yang akan di buat laporan Laba / Ruginya dan sampai berapa dalam tampilan akun. Sangat Flexible.

° Penomoran account flexible hingga 30 digit.

  1. Hal terpenting dalam proses penyusunan laporan keuangan adalah Chart of Account ( COA ), apa yang akan terjadi disaat anda sudah mulai membukukan transaksi namun ternyata jumlah digit pada suatu group COA tidak mencukupi? Di dalam LedgerKAP ini anda dapat menambah digit akun COA.
  2. Secara standard dalam ilmu akuntansi, COA terdiri dari 8 grup utama yaitu:
  1. Grup Asset
  2. Grup Kewajiban
  3. Grup Modal
  4. Grup Pendapatan
  5. Grup Harga Pokok Penjualan
  6. Grup Biaya
  7. Grup Biaya Lainnya
  8. Grup Pendapatan Lainnya

Info selengkapnya Disini


Download Softwarenya disini


Komentar Penulis :


"Software General Ledger Sesungguhnya..."


Jika dibandingkan dengan software yang pernah saya review.. software ini sangat berbeda. Software ini hanyalah software akuntansi dengan Modul Jurnal Umum saja, tidak lebih. Anda tidak akan menemukan modul penjualan, aktiva tetap, pembelian, atau yang lainnya.


Memang, didalamnya telah tersedia pengaturan user, cost center, Aging Report, bahkan pengaturan akun hingga 10 level pun bisa. Akan tetapi, bagi anda yang menginginkan kemudahan, jangan berharap terlalu banyak dengan software ini.


Namun, jika anda seorang ahli akuntansi dan memahami betul tata cara penjurnalan.. software ini akan sangat membantu pekerjaan anda. Anda bisa menjurnal model apapun dengan software ini. :D

Bagikan/Simpan/Bookmarks







Dengan memasukkan email Anda, berarti setuju untuk selalu mengupdate artikel terbaru dari uziek. Masukkan Alamat Email Anda :


Dikirim oleh: Mbah Google


Related Posts