Penggunaan teknologi informasi sebagai pendamping dalam kemajuan sebuah bisnis, kini semakin banyak diterapkan oleh berbagai bisnis, baik yang berskala besar hingga pelaku bisnis dengan skala UKM.

Namun, fakta di lapangan masih banyak ditemui pelaku UKM yang mengalami kendala dalam pemanfaatan teknologi informasi (Software). Para pelaku UKM tersebut pada umumnya tidak atau belum memiliki pengetahuan dan kemampuan mengelola catatan keuangan secara disiplin dengan pembukuan yang teratur. Sehingga banyak diantara mereka yang belum sepenuhnya menyadari pentingnya pencatatan dan pembukuan bagi kelangsungan usaha.

Selain itu para pelaku UKM juga beranggapan bahwa pengadaan catatan akuntansi hanya akan membuang waktu dan biaya. Mereka merasa direpotkan dengan pencatatan keuangan dan berpikir bahwa yang terpenting adalah mendapatkan laba sebesar-besarnya.

Akibatnya adalah UKM sulit untuk mendapatkan akses dan fasilitas kredit dari perbankan ataupun investor. Tidak tersedianya informasi yang bisa digunakan oleh manajemen, calon investor atau kreditor dalam menilai perkembangan UKM tersebut sangat minim, bahkan sulit. Pihak kreditor atau bank tidak membedakan antara usaha besar dengan UKM, dimana mereka mewajibkan agar UKM dapat memenuhi syarat yang ditetapkan kreditor, termasuk harus menyediakan laporan keuangan. Dari laporan keuangan inilah yang dijadikan dasar oleh kreditor dalam memberikan pinjaman kepada UKM. 

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah lemahnya informasi keuangan UKM adalah menggunakan sistem akuntansi sederhana, namun tetap sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum, dan bisa dibaca oleh para kreditor. Sistem informasi keuangan UKM yang mudah bisa dilakukan dengan pemanfaatan teknologi IT, yaitu dengan menggunakan Software Akuntansi, baik software akuntansi yang ditujukan untuk administrasi masalah laporan keuangan, maupun software yang sifatnya membantu mempermudah jalannya proses kegiatan transaksi berdasarkan jenis usahanya,  seperti software Point Of Sale (POS) misalnya.

Kini sudah banyak pilihan software-software akuntansi yang tersedia, diantaranya MYOB, Zahir, MOAE, Accurate, Peachtree, Simply Accounting, DacEasy Accounting, dan banyak lainnya, yang bisa digunakan untuk membantu kelancaran bisnis. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri baik fitur-fitur yang disediakan sampai kepada kemudahan dalam pengoperasiannya (user friendly). Namun demikian, software-software tersebut tidak disediakan secara Gratis.

Jangan kuatir. Bagi anda yang tak memiliki budget lebih, saya menyediakan software akuntansi GRATIS. Software ini telah banyak digunakan oleh berbagai UKM di Indonesia dan terbukti handal dan mudah pengoperasiannya. Full Gratis, tanpa masa expired, tanpa register, bahkan juga bisa multi-user.

Software-software akuntansi ini tersedia dalam berbagai  jenis usaha, antara lain :

  1. Koperasi (KSU, KSP, BMT)
  2. Hotel
  3. Klinik & Apotek
  4. Mini Market
  5. Payroll & Accounting
  6. Sekolah
  7. Mini Market
  8. Pabrik
  9. Restoran
  10. BPR
  11. Konter Pulsa
  12. SMS Iklan MassaL
  13. Rumah Sakit
  14. Distributor
  15. Gym
  16. Kontraktor
  17. Dan masih banyak lagi software lainnya 

Jika anda tertarik dengan software-software di atas, silahkan kontak saya untuk mendapatkan link nya.

Dan saya siap untuk membantu implementasi software akuntansi tersebut hingga bisa digunakan pada  usaha yang bapak/ibu jalankan.

Related Posts