“Hak Cipta dilindungi oleh Undang-undang.
Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh
isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit”

Tentu kawan-kawan setia blog uziek ini familiar dengan kalimat tersebut di atas. Yups! Anda tidak salah. Kalimat itu ada di setiap lembar pertama buku yang kita baca. Ada apa dengan kalimat tersebut?

Siang ini aku mencari buku untuk seorang teman. Buku tentang akuntansi dan implementasinya menggunakan program MS. Excel. Setelah berkutat sekian lama di toko buku yang ku kunjungi, akhirnya ketemu juga buku yang kumaksud.

Seperti biasa, Daftar Isi kubaca lebih dulu. Layaknya karya ilmiah, pembahasan buku ini di awali dengan penjelasan tetang dasar-dasar akuntansi. Bagian ini yang memang aku perlukan untuk membantu kawanku. Lembar demi lembar Bab 1 aku buka. Baru di halaman ke-2 Bab 1, aku seperti mengenal diagram yang disajikan.

Gambar diagram yang disajikan adalah siklus akuntansi. Memang, dalam setiap pembahasan tentang akuntansi dasar, gambar diagramnya selalu sama atau setidaknya mirip. Akan tetapi bukan gambar siklus akuntansinya yang membuatku merasa dejavu, gambar yang tersaji di buku ini mengingatkan aku pada gambar yang sangat familiar dalam ingatanku, baik tulisan maupun bentuk diagram dan anak panahnya. Gambar ini ada di halaman 9.

Penasaran, aku membuka lembaran berikutnya. Pembahasan dalam buku tersebut tentang persamaan dasar akuntansi. Persamaan ini pasti akan ditemui oleh siapapun yang baru belajar tentang akuntansi. Lagi-lagi aku merasa dejavu, bukan pada persamaan dasarnya, tetapi pada kalimat-kalimat penjelasan yang disampaikan si penulis atas persamaan dasar akuntansi tersebut.

Masih dalam rasa penasaran, akhirnya kuputuskan untuk membeli buku tersebut. Harganya Rp. 42.500,- (Harga sudah termasuk PPN – hehehe...). Segera kubuka segel plastik yang membungkusnya ketika aku sampai di rumah. Segera juga kunyalakan komputerku, mencari arsip naskah tulisanku yang sebagian besar telah ku sharing di blog ini.

Ahaa…. Akhirnya ketemu juga naskah yang kumaksudkan, Aplikasi Akuntansi Excel. Naskah ini aku tulis tepat jam 11 malam pada tanggal 29 Nopember 2008, dan langsung ku sharing di blog pada ke esokan harinya. Bagi yang masih penasaran, silahkan download ebook ini di sini. Untuk ebook dan aplikasi Excel yang lainnya, silahkan KLIK DISINI atau DISINI


Aku membuka kembali naskah yang pernah aku tulis tersebut. Taraaaaa………… dejavu ku menemukan jawaban, gambar diagram akuntansi yang ku lihat pada buku yang baru aku beli, 100% sama. Bahkan, kalimat penjelasannya pun sama. Hingga akhir penutup Bab I pada buku itu, sama persis dengan naskah yang pernah aku tulis. DAN, materi utama selanjutnya yang disampaikan pun sama (meski hanya sekitar 70%).

Aku tersenyum melihat kesamaan ini, lalu akupun tak kuasa untuk tertawa .

Ha.. ha..ha..ha..ha…..

Ya, aku menertawakan diriku sendiri. Betapa bodohnya aku, membeli buku yang kubuat sendiri, buku yang aku berikan secara gratis kepada semua orang yang memerlukannya.

Kepada penulis buku Aplikasi Akuntansi Dengan Excel yang mengaku dari Sumedang, aku tidak akan menuntut anda karena telah mengutip sebagian dari apa yang pernah aku buat. Meski anda mendapat penghasilan dari buku tersebut, aku yakin seyakin-yakinnya, Tuhan tidak akan pernah salah memberikan rejeki kepada ummatNya.


“Hak Cipta hanya Milik Tuhan.
Dianjurkan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh
isi buku/ebook di blog ini dengan keridho'an penulis”



 
Jika anda ingin mengajukan pertanyaan, diskusi, atau kritikan dan Saran silahkan klik d i s i n i

Bagikan/Simpan/Bookmarks


Related Posts