Dari namanya, software ini memang dibuat untuk Koperasi Simpan Pinjam. Dibuat oleh CV. Mandiri Utama Malang. Saat browsing, saya tidak menemukan website resminya. Software ini saya dapat dari sebuah blog yang kebetulan juga bukan blog tentang software atau akuntansi, itupun bukan dari postingannya, melainkan dari comment pembacanya..

Iseng aku download. Dan ternyata software ini pas banget untuk Koperasi Simpan Pinjam. Lihat saja screenshotnya.. komplit lah. Dan sudah mendukung multi user dengan hak yang berbeda.

Menu Utamanya ada 6 yang disusun disamping kiri layar. Menu tersebut adalah Setup Data, Simpanan, Deposito, Pinjaman, Accounting, dan Utility. Sedangkan menu navigasi di bagian atas hanya ada 2 yaitu File dan Register.


Setup

Dalam menu ini, anda bisa mensetup Data Anggota, Data Karyawan, Setting Printer, Data Jenis Simpanan, Jenis Deposito, Jenis Pinjaman, Jenis Jaminan. Semua bisa disetting sesuai keinginan user.

Data karyawan yang dimaksud adalah data user yang bisa disetup sesuai fungsi dan tugas karyawan koperasi pengguna software alias settingan khusus hak akses user.

Sedangkan settingan Simpanan, Deposito, dan Pinjaman bisa dikustomisasi mulai cara penghitungan bunga, jumlah bunga, masa pinjaman, cara pembayaran.

Setting Jaminan bisa apa saja sesuai selera dan kebutuhan, apakah jenis kendaraan, barang elektronik, bangunan atau tanah. Lengkap dengan fotonya.

Accounting

Untuk menu Accounting, sudah mirip dengan software akuntasi kebanyakan, yaitu modul Kas, Modul Jurnal Umum, dan Modul Jurnal Penyesuaian. Satu kelebihan dari software ini adalah, semua transaksi yang dilakukan harus diotorisasi terlebih dahulu oleh user yang berwenang (biasanya supervisor atau manager). Tujuannya adalah untuk pengendalian intern.

Kelemahan utamanya terletak pada laporan keuangan. Hanya ada 2 laporan yaitu Neraca dan Laba Rugi. Itupun tidak bisa di modifikasi. Sementara untuk laporan yang lain khususnya untuk kegiatan utama Simpan-Pinjam.. sudah cukup memenuhi kebutuhan.

Jika anda berminat, silahkan download versi trialnya. Dan jika ingin yang full version…silahkan kontak pembuatnya..yang bisa anda dapatkan informasinya di dalam software tersebut.


Bagikan/Simpan/Bookmarks







Dengan memasukkan email Anda, berarti setuju untuk selalu mengupdate artikel terbaru dari uziek. Masukkan Alamat Email Anda :

Dikirim oleh: Mbah Google



Related Posts