PSAK 60 : Akuntansi untuk Pacar

PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NO. 60 AKUNTASI UNTUK PACAR

Paragraf yang dicetak dengan huruf tebal dan miring adalah paragraf standar. Paragraf Standar harus dibaca dalam kaitannya dengan paragraf penjelasan yang dicetak dengan huruf tegak (biasa). Pernyataan ini wajib tidak wajib diterapkan untuk unsur-unsur yang tidak material (immaterial items).

PENDAHULUAN

Tujuan

Pernyataan ini bertujuan untuk mengatur perlakuan akuntansi untuk pacar. Masalah utama dalam akuntasi untuk pacar adalah saat (timing) pengakuan seorang wanita sebagai pacar, penentuan jumlah hari dimana hubungan bisa tetap diteruskan (useful life), dan penentuan dan perlakuan akuntansi atas penurunan nilai tercatat (carrying value) dalam hubungan romantic ini. Pernyataan ini tidak mencantumkan panduan dan metode untuk mencari pacar.

Ruang Lingkup

Pernyataan ini harus diterapkan untuk semua pacar kecuali bila pacarnya punya orangtua, saudara, mantan pacar atau pacar prospektif yang bekerja di kepolisian, tentara, agen-agen inteligen atau organisasi politik atau bila yang bersangkutan memiliki tinggi 190+cm, punya tubuh berotot dan mampu mempraktekkan kungfu, judo, atau seni bela diri lainnya.

Definisi

Berikut adalah pengertian istilah yang digunakan dalam Pernyataan ini

CINTA adalah penyakit kejiwaan serius, yang dapat ditemukan di nyaris seluruh film film India, Telenovela, Novel Teenlit dan Chicklit, atau literatur lainnya.

GOMBAL adalah bentuk modern dari cinta; penyakit kejiwaan ini muncul dari film-film Hollywood, Bollywood, internet, HP, dan literatur lainnya. Tidak terbatas pula kepada kreatifitas dan kegilaan yang muncul sebagai respon syaraf motorik untuk memancing timbulnya cinta.



PERNIKAHAN adalah kewajiban jangka panjang (long term liability) yang muncul sebagai akibat dari peristiwa masa lalu (past even) yang ditandai dengamn peningkatan jumlah populasi dan penurunan tingkat kesehatan dan keuangan.

PACAR adalah aktiva lancar (current asset) yang muncul sebagai akibat dari perjuangan masa lalu (past effort) yang kemungkinan dapat menambah jumlah kencan dimana yang akan datang, kontak fisik dan hadiah-hadiah. Bila dikelola dengan baik dapat menjadi kewajiban jangka panjang (long term liability); (baca: istri atau suami)

MASA MANFAAT (useful life) adalah :
(a) dari pembicaraan pertama sampai orangtuanya nge-gap: "ngapain kalian !",
(b) dari kencan pertama sampai salah seorang pasangan menikah dengan orang lain, dan
(c) dari kencan pertama sampai jenjang pernikahan; setelah itu disebut masa suram (suffering)

BIAYA PEROLEHAN adalah jumlah yang dikeluarkan untuk mendapatkan seorang pacar, baik yang sifatnya tangible (seperti boneka, uang, HP, mobil) dan intangible (seperti waktu, emosi, hati yang sudah dimakan). Biaya-biaya intangible harus diukur secara proporsional agar dapat mencerminkan nilai yang wajar.

NILAI WAJAR (FAIR VALUE) CINTA adalah suatu jumlah, untuk itu seorang pacar tetap disayang dan dipertahankan, atau (bila mungkin, dan gak tau juga sih) seorang pacar mungkin ditukar atau suatu kewajiban diselesaikan antara pihak yang memahami dan berkeinginan untuk melakukan transaksi wajar (arm's length transaction).

PENJELASAN

Pengakuan

Seseorang harus diakui sebagai pacar dan dikelompokkan sebagai pacar bila, dan hanya bila:

* besar kemungkinan (probable) bahwa manfaat keekonomian maupun physical di masa yang akan datang yang berkaitan dengan pacar tersebut akan mengalir ke dalam pasangannya,
* biaya perolehan dapat diukur secara handal

Sepupu, saudara, dan teman-teman-nya pacar tidak boleh turut diakui. Meskipun, yang manis atau ganteng, atau yang mantap-mantap, hanya bisa diakui sebagai penggombalan hanya dan jika hanya memiliki peluang menjadi pacar prospektif.

Penghentian dan Pelepasan

Status pacaran dan penggombalan harus dihentikan dan dilepaskan, bila:

* ketika berakhirnya masa manfaat dari pacar ataupun calon pacar
* ketika tidak ada manfaat keekonomian dan physical masa yang akan datang diharapkan dari pelepasannya
* ketika ada kemungkinan pacar dapat diakui sebagai "long term liability"; dalam hal ini, bagus ...

Pengungkapan

Laporan harus mengungkapkan, dalam hubungan dengan setiap pacar:

* Jumlah pacar, dengan:
- umur pacar
- warna kulit, tipe wajah
- masa manfaat dari setiap pacar
- email, alamat rumah, dan nomor HP dari pacar
- setiap kenikmatan "spesial" yang mungkin telah diterima dari pacar
* eksistensi dan batasan atas status pacaran dari setiap pacar
* estimasi yang dapat diandalkan atas biaya perolehan setiap pacar
* jumlah komitmen untuk "akuisisi" pacar-pacar baru

Tanggal Efektif

Pernyataan ini berlaku untuk laporan yang mencakupi periode laporan yang dimulai pada atau setelah tanggal dibacanya artikel ini di www.uziek.blogspot.com. Penerapan lebih dini dianjurkan, dan dilarang kopi paste.

sumber asal: http://auditorgila.blogspot.com.


Bagikan/Simpan/Bookmarks


Dengan memasukkan email Anda, berarti setuju untuk selalu mengupdate artikel terbaru dari uziek. Masukkan Alamat Email Anda :

Dikirim oleh: Mbah Google







Ditulis Oleh : Fauzi Ghazali Hari: 13.10 Kategori:

0 komentar:

 

ADS

ADS

Photobucket

ADS